Rabu, 29 Mei 2013


Kegiatan ini merupakan salah satu rencana kegiatan yang diadakan oleh Divisi Rimba Gunung Geodipa. Dalam kegiatan ini, peserta yang mengikuti pendakian tidak hanya berasal dari anggota Geodipa melainkan juga mengajak dari masyarakat umum di luar Geodipa. Dalam pendakian massal kali ini, peserta yang ikut berjumlah 32 orang. Namun, yang benar-benar berangkat hanya berjumlah 29 orang karena 3 orang lainnya sedang berhalangan hadir, dikarenakan ada urusan mendadak. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 17 Mei 2013 hingga 18 Mei 2013.

17 Mei 2013

Kegiatan sudah dimulai dari pukul 14.30 WIB. Peserta yang datng segera melakukan registrasi pendaftaran serta checking barang bawaan yang semula sudah diberikan saat briefing dan diingatkan kembali melalui SMS. Kemudian, acara dilanjutkan dengan upacara singkat pembukaan acara Pendakian Massal 2013 oleh panitia dan Pengurus Harian Geodipa. Setelah upacara berakhir, dilanjutkan dengan pembagian kelompok pendakian beserta leader, sweaper, anggota P3K, dan pendamping. Untuk dokumentasi kegiatan, di masing-masing kelompok didampingi juga oleh seorang panitia PDD.

Perjalanan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, seluruh peserta diakomodasi dengan truck bersama beberapa orang panitia yang terdiri dari panitia P3K dan transportasi. Sebelumnya, sekitar pukul 09.30 WIB pagi, 6 orang dari Team Advance sudah berangkat ke lokasi pendakian terlebih dahulu. Mereka bertugas mempersiapkan tenda dan minuman hangat ketika peserta tiba di lokasi pendakian di pos 2.

Sedangkan untuk peserta dan tim panitia yang lain berangkat bersama sekitar pukul 16.00 WIB. Peserta bersama dengan menggunakan truk yang telah dipesan sebelumnya oleh pihak panitia. Sebelum berangkat, kegiatan Pendakian Massal ini dimulai terlebih dahulu dengan upacara bersama anggota penuh Geodipa dan pengurus harian Geodipa.


Setelah upacara berakhir, beberapa orang panitia Pendakian Massal ada yang berangkat terlebih dahulu dengan motor kemudian diikuti oleh truk yang diisi oleh peserta dan beberapa orang panitia dari transportasi dan P3K. kemudian, dari belakang diikuti lagi oleh beberapa panitia dengan menggunakan motor. Perjalanan berlangsung sekitar 2 hingga 3 jam menuju lokasi basecamp Wekas. Selama diperjalanan cuaca tidak begitu bersahabat. Bulir-bulir gerimis menetes mulai dari tengah perjalanan hingga hampir tiba di lokasi basecamp. Jalur yang ditempuh juga menanjak, bahkan ketika mulai memasuki gapura bertuliskan “Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas”, tanjakannya hampir membentuk sudut 600. Kendaraan pun berjalan dengan sangat perlahan, beberapa kali motor yang ditumpangi oleh panitia sempat terhenti karena kesulitan membawa motor naik. Meskipun pada akhirnya dapat diusahakan naik.

Setibanya di basecamp Wekas, peserta dengan dibantu oleh beberapa orang panitia menurunkan barang-barang yang ada di dalam truk untuk kemudian dibawa masuk ke dalam basecamp. Peserta kemudian dipersilahkan untuk istirahat sejenak sembari melaksanakan sholat dan makan malam. Setelah itu, acara dilanjutkan untuk beberapa saat denganramah tamah antara peserta dan panitia amupun anggota Geodipa.

Tak begitu lama ramah tamah berlangsung, acara kemudian segera dilanjutkan dengan pendakian menuju pos 2. Peserta pun dibagi menjadi 3 kelompok yang sebelumnya telah dibagi sebelum peserta berangkat. Selama pendakian, pada awalnya hujan yang sebelumnya sempat mengguyur deras sempat reda untuk beberapa saat. Kemudian, di tengah perjalanan pendakian gerimis kembali turun. Peserta pun segera diarahkan untuk menggunakan ponco mereka masing-masing dan perjalanan tetap dilanjutkan. Selama perjalanan ada beberapa peserta di masing masing kelompok yang merasa kelelahan. Peserta yang kelelahan pun pada awalnya semat mengeluh dan memilih menyerah melanjutkan perjalanan. Beruntungnya, di setiap kelompok telah disediakan tim P3K maupun tim pendamping.

Selama perjalanan pendakian menuju pos 2, karena faktor hujan juga sehingga jalanan yang ditempuh juga menjadi licin. Tanah-tanah basah yang licin tak ayal membuat peserta dana beberapa orang panitia yang merasa kesulitan naik sehingga sempat terjatuh beberapa kali. Ditambah lagi, mengingat perjalanan yag dilakukan pada malam hari sehingga penerangan yang baik juga sangat dibutuhkan guna menunjang perjalanan agar mengurangi resiko yang tidak diharapkan.

Kami pun tiba di lokasi camp pos 2 sekitar pukul 01.00 dini hari. Suasana pun masih diguyur hujan, sehingga peserta segera dialokasikan untuk segera masuk kedalam tenda untuk mengganti pakaian basah mereka serta dari Team Advance menyiapkan minuman hangat yang kemudian segera dibagikan kepada peserta dan panitia yang baru saja tiba di pos 2. Setelah itu, peserta dan panitia  dipersilahkan untuk istirahat. Namun sebelumnya, panitia mengikuti briefing terlebih dahulu untuk acara selanjutnya di pagi hari.

18 Mei 2013

Sejak subuh, beberapa orang panitia sudah terbangun. Sebagian segera menyiapkan konsumsi untuk peserta lain dan ada pula yang menyiapkan tempat untuk ibadah. Bahkan ada beberapa orang panitia yang terjaga dari tidurnya untuk urusan jaga malam. Sekitar pukul 05.00-06.00 peserta sudah diminta untuk bangun dan menikmati roti beserta minuman hangat dari panitia. Kemudian, mereka pun segera diarahkan untuk persiapan pendakian ke puncak Merbabu. Peserta kembali dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan kelompok yang sebelumnya. Hanya saja ada beberapa perubahan pada leader maupun beberapa pengiring dalam masing-masing kelompok. Meskipun demikian, acara tetap dalam berjalan sesuai rencana yang telah disusun.

Untuk pendakian ke puncak ini, peserta tampak lebih bersemangat daripada pendakian malam saat menuju pos 2. Beberapa kali perjalanan dihentikan untuk sekedar mengabadikan momen-momen indah selama perjalanan. Tujuan kegiatan yang mengajak peserta menikmati keindahan pemandangan alam pun tercapai dengan baik. Beberapa kali peserta tampak menjepret kamera mereka. Kemudian perjalan dilanjutkan kembali.

Kali ini, lokasi yang dilalui tampak sedikit rumit. Kami perlu beberapa kali memanjat untuk mencapai lokasi selanjutnya. Meskipun ada beberapa peserta yang tampak kelelahan, namun tetap bersemangat. Selama pendakian ke puncak pun cuacanya tampak sangat mendukung. Matahari bersinar sangat cerah saat itu, sehingga lokasi-lokasi indah dapat terlihat dengan sangat jelas oleh mata.

Kami tiba di puncak sekitar pukul 10.00 lebih. Puncak yang kami tiba terlebih dahulu adalah Puncak Kenteng Songo kemudian kami beralih ke Puncak Triangulasi yang tidak begitu jauh dari Puncak Kenteng Songo. Setibanya di puncak, sudah sangat jelas apa yang dilakukan baik oleh peserta maupun panitia. Sambil istirahat sejenak sembari mengabadikan momen di puncak Merbabu, panitia pun segera menyiapkan untuk mengkondisikan peserta untuk melakukan sebuah upacara singkat sebagai bentuk rasa syukur bersama karena telah berhasil tiba di Puncak Merbabu dalam keadaan sehat, selamat, dan tidak kurang satu apapun. Pada upacara ini, dibentangkan bendera Geodipa dan bendera Merah Putih kemudian dilingkari oleh peserta dan panitia. Sedikit sambutan singkat dari mas Zulfan sebagai senior kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan mars dan hymne Geodipa. Tak lupa kami juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaaan doa.

Tak begitu lama di puncak, kami pun segera turun kembali menuju pos 2. Cuaca sudah mulai agak tidak bersahabat. Ketika akan turun, pemandangan tertutup oleh kabut. Meskipun demikian, perjalanan tetap dilanjutkan menuju pos 2. Dan kembali hujan menemani perjalanan kami menuju pos 2. Peserta pun kembali diminta mengenakan ponco mereka selama perjalanan. Namun ternyata, ada beberapa peserta yang tampaknya lalai membawa ponco mereka. jalanan yang ditempuh juga licin sehingga beberapa kali sempat menyebabkan panitia dan peserta terjatuh saat perjalanan turun.

Setibanya di pos 2, peserta segera diberikan konsumsi makan siang serta dipersilahkan untuk beristirahat di dalam tenda maisng-masing. Saat itu, hujan yang mengguyur pun semakin deras sehingga sedikit mengacaukan jadwal yang sebelumnya telah diatur panitia unutk jadwal turun kembali ke basecamp. Beruntungnya sekitar pukul 16.00 sore, peserta segera dikondisikan untuk segera turun kembali ke basecamp. Meskipun tiba ketika hari sudah mulai gelap, semua peserta sampai basecamp dengan selamat. Namun, ada beberapa orang peserta yang tidak cukup baik staminanya akibat dingin dan kelelahan.

Setelah dipastikan semuanya telah kembali ke basecamp Wekas, peserta kembali dikondisikan untuk persiapan kembali ke kampus. Mengingat hari yang semakin gelap dan waktu yang mengarah semakin malam. Setibanya dikampus, peserta diajak mengikuti sebuah penutupan singkat dari panitia dan kemudian dipersilahkan kembali ke rumah masing-masing.

Alhamdulillah ^_^


Oleh : Siti Gora GRK Anggota Muda

0 komentar :

Posting Komentar